Toko Suvenir

."¥¥¥".



Edgar Alan meninggal pada tahun 1874, usia sepuluh tahun, tertimpa roda belakang kereta kuda. Beberapa mengatakan roda itu menemukan cinta yang lebih dalam di dalam untaian umber yang terbakar dicat, kunci berbulu, dan menolak untuk berpisah dengan mereka - karena roda itu menyeretnya melintasi batu bulat dengan kunci rambutnya yang diikat, empat puluh tiga kaki melewati tanda awal sebelum akhirnya melepaskannya. Mereka mengatakan dia melukis kota itu dengan warna merah malam itu. Garis-garis darah, berceceran di tempat dia memantul, tetapi melukis garis lurus yang indah ke bawah tempat dia menyeret. Crimson Valley, mereka menyebutnya sekarang — jalan yang mengambil Edgar Alan.

"Saya harap tidak ada yang percaya itu," bisik Edgar kepada saya, dari tempat dia duduk di bahu saya. Dia menggaruk kepalanya - bagian belakang, di mana ia pertama kali mulai masuk, garis diagonal panjang di mana roda berguling di atasnya, mengarah ke bagian rambutnya yang bergerigi lebih pendek, di mana roda itu tumbuh.

"Mengapa mereka tidak mempercayainya?" Saya bertanya.

Kami berdiri di belakang konter toko suvenir, menatap ke ruang tamu. Mata kita tetap tertuju pada mereka. Orang-orang sekarang, yang datang untuk tur tengah malam. Lucu, kami berdua berpikir. Hal terdekat yang harus kita tarik adalah kambing, yang hanya tinggal di sini untuk simbolis— Edgar Alan mengagumi kambing, dan pernah ingin tinggal di sebuah peternakan. Namun para turis tetap berbondong-bondong ke sini, hanya untuk melihat rumah seorang anak laki-laki yang meninggal di tempat lain. Nah, itu dan hotel berada di tengah-tengah segalanya, dan tur adalah sesuatu yang murah untuk dilakukan ketika Anda kehabisan ide. Perkebunan keluarga Alan tidak pernah menjadi tempat yang penuh kasih, kata Edgar kepada saya sekali. Tidak mengherankan ketika Robert tumbuh dewasa, dan mengubah rumah mereka menjadi keuntungan.

"Tidak adil bagi mereka untuk mempercayainya," kata Edgar, sebelum dia menghilang.

Dia tidak suka tinggal lama di toko suvenir, karena dia percaya gagasan itu konyol. T-shirt, foto, kartu pos. Tidak ada artinya. Satu-satunya hadiah yang begitu berharga, menurut Edgar Alan, adalah karunia kebenaran murni.

Dia mungkin akan bermain di atap lagi. Robert benci ketika Edgar bermain di atap. Edgar percaya ketakutan saudaranya tidak berdasar — lagipula, tidak ada yang namanya mati dua kali. Anda pergi, atau Anda di sini. Kemudian Robert menegurnya, selalu. Dia takut bukan untuk saudaranya, tetapi untuk orang-orang seperti saya, orang yang hidup yang dapat melihat Edgar dan hal-hal lain yang diduga mati. Saya hampir mengalami serangan jantung, kunjungan pertama saya. Melihat seorang anak menari di atap runcing gedung tinggi, bukanlah hal yang mudah.

Edgar adalah yang tertua, katanya padaku. Ia lahir pada tahun 1864, dan Robert lahir pada tahun 1866. Tetapi Robert hidup sampai tahun 1889 — dua puluh tiga. Pertempuran tentang siapa yang benar-benar tertua sering menjadi panas — meskipun saya kira mereka berada di samping intinya. Biasanya, saya telah diberitahu, ketika seseorang akan lewat, mereka diizinkan untuk mengeksplorasi apa yang terjadi selanjutnya. Untuk alasan apa pun, Alan bersaudara terjebak di tanah milik mereka.

"Ahem," batuk pria yang berdiri di depanku. Dia pasti baru saja sampai di sini, atau, aku terlalu fokus pada Edgar untuk memperhatikannya. Dia mungkin empat puluh. Pirang, tetapi janggutnya memadukan kuning dengan putih berduri, ingin mengungkapkan usianya, terlepas dari kemudaan wajahnya. Dia tidak memakai cincin. Dia belum menikah.

"Halo, Pak," kata saya, sambil tersenyum sebaik-baiknya. "Ada yang bisa saya bantu hari ini?"

Dia tidak menjawab, seolah-olah dia bukan orang yang memerintahkan perhatianku. Sebaliknya, dia melihat sekeliling toko, sebelum dia mengerutkan hidungnya, dan melemparkan kepalanya ke arah meja kaca. Perlahan, dia mengangkat tangannya, dan membuat gerakan mencubit, sebelum menyentakkan tangannya ke arah kaca, dan mencubit sepotong debu yang mengambang. "Gotcha," gumamnya.

Dia berdehem padaku. "Pacar saya," katanya, akhirnya. "Dia suka hal-hal aneh." Jelas. "Dia terobsesi dengan Alan Brothers. Saat saya di Virginia, saya berharap untuk mampir dan memberinya sesuatu. Anda kebetulan tidak akan punya rekomendasi, bukan?"

Ini satu lima puluh sembilan. Rekomendasi saya adalah jangan pernah memasuki toko semenit sebelum tutup, dan mengharapkan layanan tambahan.

Aku berdehem sendiri, padanya. "Um, mungkin jika aku tahu lebih banyak tentang dia?" Saya katakan, bertentangan dengan keinginan saya yang lebih baik. "Mari kita mulai dengan favoritnya—."

"Oh, lihat waktu," katanya, ke arlojinya. "Baiklah. Saya tinggal di rumah. Kurasa aku harus mampir besok, setelah tur pagi."

"Kamu bukan bagian dari tengah malam?" Saya bertanya. "Maaf, saya hanya berasumsi."

"Saya," katanya. "Ini adalah urusan kita, untuk berkeliling negeri, dan mengumpulkan misteri yang belum terpecahkan. Dia akan membunuhku karena menyelesaikan yang ini tanpa dia, tapi, aku tidak bisa melewati Virginia, tanpa memeriksanya— karenanya hadiahnya."

"Ahh," kataku, "permintaan maaf yang terbaik. . . Tapi Edgar Alan bukanlah sebuah misteri. Aku lebih menyesal kamu membuang-buang waktumu, daripada aku pacarmu yang melewatkannya."

Dia menertawakanku, seolah-olah dia tahu lebih baik, sebelum dia pergi.

...

"Ini cukup adil," adalah yang terakhir saya dengar melalui papan lantai, sebelum batu bata itu terbang melewati kepala saya.

Hanya beberapa detik sebelumnya, gambar-gambar itu semua bijaksana. Edgar Alan, usia sepuluh tahun, tersenyum di punggung seekor kuda. Yang paling sulit adalah membuatnya berdiri diam cukup lama untuk gambar, kata Edgar kepada saya sekali, terpesona oleh kecepatan kamera ponsel saya.

Also Read More:

 


Di samping Edgar adalah saya, usia tujuh belas tahun, kulit cokelat terperangkap dalam tali gaun prom biru, memaksakan senyum ke kamera. Sulit untuk benar-benar bahagia, ketika satu-satunya anak laki-laki yang bertanya kepada saya, adalah anak laki-laki yang adik laki-lakinya mengikutinya ke mana pun dia pergi, dengan kapak mencuat di sisinya. Dia mengatakan kepada saya bahwa itu adalah kecelakaan, dalam perjalanan berkemah, teman kencan saya, ketika saya bertanya apakah dia memiliki saudara kandung. Kakaknya meninggal sepuluh tahun yang lalu. Saudaranya mengatakan kepada saya bahwa itu bukan kesalahan siapa pun; Tapi mereka tetap menguburnya di luar sana, kalau-kalau orang-orang besar dengan lencana, tidak mempercayai mereka. Jika Id mengetahuinya tepat waktu, saya akan terserang flu. Sebaliknya, saya memaksakan senyum untuk kamera.

Di samping saya, adalah Robert Alan, usia dua puluh pada saat itu, duduk di depan dinding putih, dengan tangan terlipat di atas pahanya, yang melipat kakinya. Rambut cokelat malamnya, entah bagaimana begitu mencolok, bersinar putih di sebelah kirinya, di bawah cahaya jendela. Matanya yang penuh harapan melebar, kombinasi ketakutan dan mimpi, seperti setiap dua puluh sesuatu yang telah dikaruniai segalanya, oleh tangan dingin orang tua mereka yang masih hidup. Ketika ayahnya meninggal, dia mendapatkan rumah, istal, bisnis, dan kambing - Robert diberi segalanya, karena Robert adalah satu-satunya yang tersisa. Robert Alan sendirian.

Kemudian datanglah batu bata itu.

"Kamu memecahkan setiap bingkai," aku memarahinya, memegang pecahannya di tanganku, membuangnya ke tempat sampah. "Belum lagi, kamu hampir membunuhku!"

Robert tertawa, bertepuk tangan, tersenyum seperti anak iblis — dia adalah anak iblis, sekarang saya telah menyebutkannya.

"Oh tenang, Liza," dia terkikik, melalui giginya yang tersenyum. "Itu hanya lelucon praktis."

Tentu saja. Percobaan pembunuhan selalu hanya lelucon, ketika Anda meleset dari target. Saya terus menanyainya. "Dan jika aku bergerak satu inci, dan itu membunuhku?"

Dia menyeringai padaku. "Saya yakin itu disebut, tembakan keberuntungan."

Saya akan membenci Robert jika dia tidak berguna. Saya kira dia merasakan hal yang sama dari saya. Ketika perkebunan itu akan jatuh ke bawah - kurangnya dana - paman saya membeli tempat itu dan membalikkannya. Saya biasanya tinggal sebulan setiap tahun, untuk membantunya dengan renovasi. Retakan di pintu hotel, atau wastafel bocor di keran. Membantu kelahiran kambing baru, atau memimpin tur tengah malam ketika pemandu sakit. Jika bukan karena kita, tempat ini tidak akan bertahan lama. Itu adalah impian Robert untuk membangun sesuatu yang akan bertahan selamanya.

Adapun dia, Robert pandai mengetahui segalanya. Lebih baik, dia buruk dalam menyimpan rahasia, ketika ditanya langsung kebenarannya.

"Aku akan membunuhmu salah satu hari ini, Liza Hollingsworth," katanya sambil tersenyum padaku. "Kalau begitu kamu akhirnya akan menjadi milikku."

"Oh, apa?" Saya bertanya padanya. "Tidak ada hantu seusiamu?"

Dia memelototiku. "Nah jika kamu mati sekarang, kamu akan sempurna."

"Kakakmu berpikir itu tidak adil," aku melanjutkan. "Setiap kali mereka berbicara tentang dia, dia mengatakan itu tidak adil. Mengapa?"

Saya kurang peduli dengan kemurungan Edgar, melainkan bagaimana suasana hatinya terjalin dengan orang asing dari toko. Mungkinkah itu tidak adil, karena dia tahu cerita tertulisnya tidak benar?

Robert menggelengkan kepalanya, dan menggulung tangannya satu sama lain — ceritanya. "Kamu harus bertanya padanya. . . Atau—."

Waktu yang beruntung. Robert menghilang ketika ketukan datang, dan saya hampir melompat dari kulit saya, karena paman saya tidak ada di rumah, dan para tamu biasanya tidak membutuhkannya pada jam tiga pagi. Di balik pintu berdiri pria dari tadi, menggunakan ponselnya sebagai senter. Tidak terlalu gelap di aula; Kami memiliki lampu malam di setiap outlet.

"Ah," katanya, ketika dia melihat saya. "Gadis dari toko. Aku tidak tahu kamu juga tinggal di sini."

"Ya," kataku, semakin tidak nyaman. "Apakah kamu membutuhkannya. . ."

"Ah," katanya sambil mengangkat jari. Saya bersiap untuk melihatnya mengambil debu dari udara, tetapi dia tidak melakukannya. "Saya mendengar tabrakan," katanya. "Saya ingin memastikan semuanya baik-baik saja. Saya mendengar Anda berbicara."

Dia menjulurkan kepalanya ke kamarku, melihat ke atas dan ke bawah. Saya mundur selangkah, dan selangkah lagi ke depan, membimbingnya kembali ke aula.

"Maaf," katanya. "Keingintahuan-."

"Membunuh kucing itu," tuntasku.

"Tapi kepuasan membawanya kembali," sindirnya, dengan senyum cepat.

Aku menggelengkan kepalaku. "Tidak ada yang namanya kepuasan, di jantung hal yang aneh."

"Hmm," senandungnya. Kemudian matanya beralih ke lantai kamar tidurku. "Ah! Apakah itu! Itu tidak akan terjadi pada foto asli, dari Robert Alan? Ya ampun, waktu benar-benar baik untuk yang satu ini, dalam kondisi sangat baik!"

Saya beralih ke bingkai yang hancur, dan foto di lantai. "Sebenarnya," kataku, menyikat gelas dari foto, dan mengambilnya untuk menyerahkannya. "Mengapa kamu tidak mengambil ini untuk pacarmu? Ini lebih baik dari apa pun di toko suvenir."

"Oh, Nona—."

"Liza," kataku. "Tempat ini dipenuhi dengan foto-foto lama, dan yang ini hanya ada di kamarku, jadi, toh tidak ada yang melihatnya."

"Oh, tapi—."

"Saya yakin," kata saya, sebelum dia bisa mempertanyakannya. Itu lucu. Dia sedang dalam perjalanan untuk mengatakan bagaimana dia tidak bisa mengambil hadiah yang begitu besar, namun dia tidak pernah mencoba mengembalikannya kepada saya, sekali pun. Yang lebih lucu lagi, adalah dugaan pengetahuannya tentang Alan Brothers; Dia harus tahu bahwa di rumah ini, satu-satunya hadiah yang sepadan, adalah karunia kebenaran murni. Ah— dia masih di sini. "Selamat malam, Tuan?"

"Bruce," katanya, memaksa tanganku gemetar. "Bruce Whitley."

Ketika pintu ditutup, dia muncul. Dia membenci orang yang hidup lebih dari apa pun, dan dengan jutaan batu bata yang terpaksa saya hindari, saya membayangkan saya tidak terkecuali. Raut wajahnya; Saya tidak tahu apakah itu didedikasikan untuk saya, atau untuk Whitley.

"Anda memberinya foto saya," katanya, dengan mata marah.

Saya akan merasa tidak enak, jika bukan karena fakta bahwa, "Kamu mencoba membunuhku."

"Itu bukan milikmu untuk diberikan," katanya.

"Dan hidupku," balasku, "bukan milikmu untuk diambil. Jika Anda ingin foto Anda kembali, beli salinannya di toko. Kami buka pada siang hari."

Mata kanannya semakin menyipit, dan berkedut lebih kencang di setiap detik perjalanan. Dia mengangkat tangannya ke arahku, dan melengkungkannya, seolah-olah dia punya niat untuk menggunakannya. Dia memegangnya di sana, di depan leherku, bergerak tidak satu inci pun. Saya menantangnya, diam-diam.

"Itu tidak adil," desisnya.

Lalu dia pergi.

...

Dua tee pria, ukuran sedang, dan satu ukuran wanita XL. Wanita itu membayar tiga puluh dua dolar, dan empat puluh enam sen, sebelum mengambil tasnya, dan pergi.

Dua bingkai foto, tiga kantong keripik, dan empat tee anak-anak, ukuran sedang, kecil, dan 4t. Sang ayah menawarkan untuk membayar bola salju yang hancur, sebelum dia berteriak pada anak tengah untuk berhenti mengacau atau mendapatkan pekerjaan, tetapi saya katakan padanya itu ada di rumah, selama dia menyuruh teman-temannya untuk datang untuk tur tengah hari. Dia membayar tujuh puluh enam dolar, dan tiga puluh delapan sen, sebelum membagi tas di antara anak-anak, dan pergi.

Satu tee pria, ukuran kecil, dan satu ukuran wanita sedang. Tas Mr. Whitley berbaris di belakangnya, dan dia mengarahkan jarinya ke rak, memeriksa debu. Dia tersenyum saat melihatku. "Liza."

"Whitley," kataku. "Kamu tahu, aku sedang berpikir—."

"Foto itu," katanya, menempatkan foto Robert, dengan lembut di atas meja.

Aku menggigit bibirku, sebelum mengangguk padanya. "Saya hanya berpikir, bahwa mungkin itu bukan milik saya untuk diberikan. Terima kasih atas pengertiannya."

"Jangan khawatir," katanya. "Saya mendapat perasaan lucu bahwa itu mungkin milik di sini, lebih dari mantel saya, toh. Namun demikian, dia punya sesuatu untuk membuktikan bahwa dia pernah ke suatu tempat, bahkan jika dia tidak pernah benar-benar melihatnya sepanjang hidupnya. Aku yakin kemeja itu akan baik-baik saja."

"Dia?" Saya bertanya, menyelipkan foto itu ke laci konter. "Oh, benar. Aku terkejut melihatmu pergi begitu cepat. Saya pikir Anda ingin memecahkan 'misteri."

Dia tersenyum padaku. "Aku menyelesaikannya tadi malam."

Aku mengangkat alis padanya. Tidak mungkin.

Dia mengatakan itu mudah, bagi siapa pun yang repot-repot melihat. Foto-foto postmortem Edgar, menunjukkan dia hanya memiliki satu jalur roda yang turun ke kepalanya. Saya bertanya kepadanya tidak cukup. Dia mengatakan kepada saya, itu tidak. Jika dia benar-benar ditabrak oleh kereta, maka dia harus memiliki dua trek, satu untuk roda yang pertama menabraknya, dan yang kedua untuk yang berikutnya.

"Mungkin hanya satu yang memukulnya?" Saya bertanya.

"Tidak mungkin," katanya kepada saya. "Kecuali dia rela berbaring di bawah kereta kuda, dan membiarkannya menggulingkannya, yang sepertinya tidak mungkin."

"Tapi mungkin," tambah saya.

"Mungkin," dia mengangkat bahu. "Mungkin. Tapi ceritanya berjalan buggy menyeretnya. Jika roda depan terguling di atasnya, saya yakin pengemudi akan berhenti, tidak melanjutkan perjalanan. Bahkan jika roda belakang menabraknya, saya merasa sulit untuk percaya rambutnya terkunci di dalamnya. Dia memiliki jalan pintas, dari apa yang bisa saya katakan dari foto-foto itu. Kemungkinan pembunuhnya mengambil sebagian, untuk memvalidasi cerita mereka. Setelah melakukan penggalian tadi malam, saya menemukan jalan ke loteng."

"Masuk tanpa izin yang terbaik," aku menyindir, meskipun sepertinya itu tidak membuatnya kesal.

Di loteng, dia menemukan file-file lama, dan Alan yang asli akan, tersembunyi di bawah papan longgar di lantai. Reginald Alan berencana untuk meninggalkan Edgar segalanya, seperti kebanyakan ayah melakukan putra sulung mereka. Dia membayangkan Robert menganggap itu semua tidak adil. Dia membayangkan bahwa Robert, berusia delapan tahun dari segala usia, terus dalam kemarahan cemburu, dan memukul saudaranya dengan roda. Dia membayangkan bahwa seseorang yang cukup tua membantunya membersihkannya, dan muncul dengan kisah kereta kuda yang ditarik, dan garis merah tua, demi menjelaskan kecelakaan itu. Dan ketika dia membayangkan dirinya menggenggam omong kosong, dia menemukan tali itu. Itu sudah tua dan lemah dan berubah warna oleh waktu, tetapi bagian-bagian tertentu lebih jelek daripada yang lain. Noda darah.

"Mengapa ada orang yang kesulitan menyembunyikan tali tua?" katanya. "Karena talinya yang menarik Edgar Alan. Saya membayangkan mereka mengikatnya ke bagian belakang gerbong, atau mereka menariknya sendiri."

"Dan kamu sangat yakin itu Robert?"

"Mereka tidak memiliki saudara kandung lainnya," kata Whitley, "dan keluarga mereka hanya terdiri dari orang tua, saudara laki-laki, dan kakek mereka untuk sementara waktu. Ibunya meninggal sebelum dia. Mengambil kemudi ke kepala Edgar adalah tindakan kemarahan; Saya ragu ayahnya melakukannya, karena ayahnya meninggalkan segalanya untuknya. Dan mengingat tali itu disembunyikan dengan surat wasiat, saya berasumsi dokumen itu ada hubungannya dengan kejahatan itu."

"Hmm," aku pergi. "Yah, itu saja—."

"Spekulasi," katanya. "Tapi itu semua sangat mudah, bagi siapa pun yang mau melihat. Ada baiknya dia tidak berhasil kali ini, atau dia mungkin kecewa. Meskipun saya yakin dia akan tetap bersemangat untuk mendengarnya."

Aku mengangguk padanya, dan menawarkan senyum mulut tertutup, dan membunyikan totalnya. Dia meninggalkan saya, dengan janji untuk kembali dengan pacarnya suatu hari nanti, ketika mereka kehabisan misteri yang lebih sulit. Dia akan mencari tahu apa yang terjadi pada Robert selanjutnya, karena kisah konsumsi tidak cukup baik untuknya. Saya berharap dia semua misteri tersulit di dunia - mudah-mudahan satu juta. Dan saya menoleh kepadanya, ketika toko itu kosong.

"Pasti tidak adil bagimu," kataku, "memiliki begitu banyak orang yang mengarang cerita konyol tentang kematianmu? Ini konyol, kan?"

Edgar tersenyum padaku, dari tempat dia duduk, di paling kiri konter, tepat melewati kasir. "Saya sangat menyukai Mr. Whitley," kata Edgar. "Kuharap pacarnya menikmati hadiahnya. Bagaimanapun, itu layak untuk dikunjungi."


."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Dgblogsp

Busur dan Anak Panah

Busur dan Anak Panah Saat Talha berjalan menuju gudang tua, yang terletak di bagian belakang rumahnya, Waleed mengikutinya. Waleed adalah y...